Coba 9 Peregangan Mudah Berikut Untuk Meredakan Nyeri Punggung dan Pinggul

Apakah Anda mengalami nyeri punggung pada bagian punggung dan pinggul bagian bawah? Rasa sakit ini dapat disebabkan oleh postur tubuh yang buruk, nyeri otot, saraf yang salah, disfungsi, atau penyebab lainnya. Sebenarnya hal yang hanya anda butuhkan adalah melakukan peregangan. Ada banyak jenis peregangan yang sederhana yang dapat meredakan nyeri punggung bawah dan pinggul Anda.

Peregangan

Melakukan peregangan akan sangat membantu melemaskan otot-otot anda yang tegang akibat bekerja atau melakukan aktivitas sehari-hari. Peregangan dapat membantu mengurangi bahkan menghilangkan rasa nyeri pada bagian tubuh anda. Gerakan peregangan yang akan kami jelaskan berikut ini bisa anda coba lakukan di rumah setelah melakukan rutinitas atau pekerjaan kantor yang membuat punggung bagian bawah dan pinggul terasa nyeri.

1. Pose Anak

Peregangan 1 - Pose Anak
Untuk melakukan pose anak ini, terlebih dahulu anda harus meluruskan tangan dan menekuk lutut Anda hingga ke menyentuh bagian perut. Gerakkan pinggul anda dan letakkan pinggul Anda diatas pergelangan kaki Anda kembali.

Posisi ini gerakkan tangan anda hingga benar-benar memanjang ke atas secara perlahan-lahan. Pastikan tangan Anda lurus diatas kepala. Tahan posisi ini selama 30 detik saat Anda memanjangkan diri.

2. Runner's Lunge

Peregangan 2 - Runner's Lunge
Semua orang tahu bagaimana caranya menekuk, tetapi peregangan yang satu ini sedikit memiliki sentuhan. Ketika Anda menjatuhkan kaki Anda pada bagian luar tangan Anda yang diletakkan di lantai. Tekan pinggul Anda ke depan dan tahan. Regangkan kedua sisi kaki anda.

3. Figure Twist

Peregangan 3 - Figure Twist
Untuk bisa melakukan peregangan dengan model figure twist atau bentuk tubuh seperti memutar anda harus mulai dengan membaringkan tubuh anda dengan atau telentang. Kemudian tekuk lutut dan rentangkan kaki Anda. Letakkan tangan Anda di atas kepala. Perlahan-lahan biarkan kaki anda dengan lutut tertekuk ke samping. Setelah itu lakukan gerakan yang sama pada sisi yang lainnya.

4. Seated Twist/Duduk Memutar

Peregangan 4 - Seated Twist, Duduk Memutar
Peregangan yang bisa anda lakukan berikutnya adalah dengan gerakan seated twist atau duduk memutar. Gerakan duduk memutar merupakan peregangan yang biasanya dilakukan oleh seorang gadis dalam suatu pertunjukan. Anda bisa memulainya dengan cara duduk dengan satu lutut yang ditekuk dan silangkan dengan kaki yang lainnya lurus kedepan. Tengokkan kepada ke sisi kanan jika lutut yang ditekuk adalah sebelah kiri. Lakukan pada hal yang sama pada sisi yang berbeda.

5. Forward Fold

Peregangan 5 - Adductor Opener
Sama seperti namanya, forward fold merupakan peregangan yang dilakukan dengan cara merentangkan kedua kaki anda sambil berdiri. Bungkukkan badan anda hingga kepala dan lengan menyentuh lantai. Angkat lutut anda sesuai dengan kebutuhan.

6. Adductor Opener

Peregangan 6 - Forward Fold
Adductor Opener adalah peregangan yang cukup simpel dan sederhana yang bisa anda lakukan. Caranya adalah berdiri dan rentangkan kaki anda jangan terlalu lebar dengan mengarahkan jari-jari kaki Anda keluar. Sedikit jongkokkan badan anda lalu letakkan tangan anda di atas paha sambil menekan dan tahan.

7. Supine Figure 4 

Peregangan 7 - Supine Figure 4
Sama seperti namanya, pergangan jenis ini dilakukan dengan cara berbaring atau telentang dengan bentuk tubuh yang menyerupai angka 4. Cara melakukan peregangan ini adalah dengan anda bisa mulai berbaring telentang. Kemudian, tekuk lutut anda dan rentangkan kaki Anda.

Pertama, tekuk kaki kanan Anda dan letakkan di paha kiri Anda. Letakkan tangan Anda di sekitar paha kiri dan perlahan tarik paha kiri ke arah Anda. Ketika Anda melakukan ini, pastikan punggung anda harus tetap rata berada di atas lantai. Lakukan hal yang sama pada sisi yang berbeda.

8. Cow Face Legs

Peregangan 8 - Cow Face Legs
Cow face legs merupakan jenis peregangan yang mungkin akan tampak sedikit keras dalam melakukannya, namun sebenarnya tidak. Hal yang harus anda lakukan adalah menumpuk kedua lutut anda sekaligus di atas lutut atau kaki yang lainnya. gerakannya hanya sesederhana itu, anda pasti bisa melakukannya.

9. Happy Baby

Peregangan 9 - Happy Baby
Peregangan yang sangat simple dan sederhana yang terakhir adalah peregangan model happy baby. Anda hanya perlu melakukan gerakan dengan cara berbaring di atas punggung anda. Pastikan anda berbaring di alas atau lantai yang datar. Kemudian angkat kaki anda hingga lutut menyentuh dada. Anda bisa menekuk kaki anda dengan memegang telapak kaki dengan tangan pada saat mengangkatnya. Lalu, goyangkan kaki yang tertekuk dengan gerakan maju mundur dalam posisi ini.

0 Response to "Coba 9 Peregangan Mudah Berikut Untuk Meredakan Nyeri Punggung dan Pinggul"

Posting Komentar

Jangan lupa tambahkan komentar anda pada artikel ini

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel