5 Langkah Menghilangkan Pikiran Negatif

Memiliki pikiran yang selalu berpikir negatif akan sia-sia dan tidak akan pernah mencapai suatu tujuan. Berpikir negatif merupakan suatu hal yang sia-sia. Hal ini karena berpikiran negatif hanya akan membuat Anda merasa khawatir atas masalah-masalah yang terjadi diluar kendali anda.

5 Langkah Menghilangkan Pikiran Negatif


Selain itu, memiliki pikiran negatif juga tidak ada hubungannya dengan beberapa jenis orang yang berada di sekitar anda. Anda hanya ter-doktrin atas pikiran anda sendiri terhadap suatu hal. Berpikiran negatif hanya akan membuat pikiran anda teracuni dan hal tersebut tidak mencerminkan karakter anda, bagaimana anda dan apa yang akan terjadi kepada anda di masa depan.

Oleh karena itu, terlalu banyak hal negatif yang kita pikirkan secara tidak langsung akan mempengaruhi pola pikir dan tindakan dalam hidup anda yang nantinya akan menyebabkan kerusakan yang sebenarnya hal tersebut tidak perlu ada didalam hidup anda.

Pikiran negatif seharusnya tidak pernah ada dalam pikiran anda karena hal tersebut secara tidak langsung dapat menghancurkan hidup Anda. Untuk bisa menghilangkan atau mengakhiri pikiran negatif yang ada dalam pikiran anda, maka anda harus membangun dan mengatur kembali pola pikir anda agar tidak selalu berpikiran negatif. Hal tersebut biasa disebut dengan restrukturisasi kognitif karena pikiran negatif tidak akan pergi dengan sendirinya dalam hidup anda.

Penasarankan bagaimana cara merestrukturisasi pikiran kognitif atau mengarahkan pikiran negatif ke hal-hal yang positif. Yuk simak ulasannya berikut ini.

1. Mengamati Pikiran

Hal pertama yang bisa anda lakukan untuk menghilangkan atau mengakhiri pikiran negative yang sedang anda pikirkan adalah cobalah amati pikiran anda sendiri. Jadi, anda bisa mengambil waktu beberapa menit untuk mengamati pikiran negatif yang sedang anda pikirkan pada saat ini.

Pikiran negatif atau negative thinking merupakan produk dari pola pikir yang irasional, hal ini sudah banyak disampaikan oleh psikiater yang ada di dunia. Yang anda perlukan untuk mengakhiri pikiran negatif anda adalah hanya dengan mengamati pikiran negatif anda terhadap suatu hal, apakah benar seperti yang anda pikirkan atau tidak. Jika hal tersebut tidak seperti apa yang anda pikirkan, maka buang jauh-jauh pikiran negatif anda dalam diri anda karena hal tersebut hanya akan merugikan diri sendiri dan sia-sia.

2. Coba Merenung

Perenungan merupakan pola berpikir yang berlebihan atau pola over thinking bisa menjadi solusi untuk mengakhiri atau menghilangkan pikiran negatif dalam diri anda. Misalnya, Anda mungkin percaya bahwa Anda dapat menyelesaikan masalah jika Anda terus berpikir tentang hal itu terus-menerus. Nah, hal ini juga diperlukan untuk menghilangkan pikiran negatif yang ada di dalam diri anda dengan cara membingkai kembali pikiran-pikiran ini. Untuk itu, cobalah lakukan perenungan dengan cara berikut ini:

  • Buat dua kolom dengan isi label satu "berpikir" dan yang lain "solusi".
  • Tuliskan perenungan atas solusi dari apa yang anda pikirkan. Jika Anda memiliki ide-ide yang dapat Anda gunakan untuk memecahkan masalah yang sedang anda pikirkan maka tuliskanlah di kolom solusi.
  • Nah, pada saat hari minggu, atau akhir bulan cobalah hitung berapa kali pikiran negatif muncul dalam diri anda dan bagaimana solusinya untuk mengatasi hal tersebut. 

Dengan mempraktekkan cara ini anda akan menemukan sesuatu yang berharga yang ada pada tulisan yang anda buat.

3. Tentukan bukti

Cara berikutnya untuk menghilangkan pikiran negatif dalam diri anda adalah dengan cara membingkai kembali pikiran Anda serta mengevaluasi bukti-bukti yang ada di belakang pikiran negatif anda. Anda harus mencari kebenaran atau bukti terhadap apa yang anda pikirkan.

Apabila anda khawatir karena anda tidak memiliki uang untuk membuktikan hal-hal atau pikiran negative yang ada di dalam diri anda, anda bisa mencoba solusi apa yang tepat untuk anda lakukan dalam hal menghilangkan pikiran negative anda.

Anda bisa mencoba cara sebelumnya dengan membuat dua kolom yang berisi bukti yang mendukung atas masalah yang sedang anda pikirkan, jika itu masalah finansial anda bisa menuliskan solusi anda bisa meminta bantuan teman atau bank untuk meminjamkan uang. Nah, pada kolom dua tuliskan hal-ha yang sebaliknya misalnya anda ingin membeli rumah, makanan, pakaian dan lainnya.

Hal ini akan membantu anda untuk menunjukkan pada kenyataan yang ada. Anda akan memiliki banyak uang lebih dari apa yang anda pikirkan. Hal ini juga kan membuat anda mencoba menuliskan anggaran batu dan mengurangi kekhawatiran yang sedang anda alami karena pikiran negative yang sedang anda pikirkan.

4. Berlatih Fokus

Fokus sangat mudah dan tidak sesulit seperti apa yang kebanyakan orang pikir. Ada tiga langkah mudah untuk mencoba berlatih fokus yaitu berhenti, bernapas, dan berpikir tentang apa yang Anda pikirkan.  Hal ini akan membantu anda untuk tetap tenang, fokus, dan selalu optimis sepanjang hari tanpa dihantui oleh pikiran negatif yang mungkin muncul.

5. Memahami Ketidak-kekalan dan Mencoba Netral

Ketika pikiran negatif datang ke pikiran Anda, anda bisa mencoba untuk mengalihkan perhatian anda terhadap hal-hal lain yang membuat anda bisa melupakan pikiran negatif yang sedang anda pikirkan. Hal ini karena ketika Anda melakukan sesuatu yang bersifat positif maka secara tidak langsung tidak ada ruang lagi dalam pikiran anda mengenai hal-hal yang negatif. Hal yang harus anda lakukan hanya mengamati pikiran yang anda pikirkan seperti yang sudah dijelaskan di cara pertama kemudian membiarkannya berlalu begitu saja, tidak usah dipikirkan lagi.

0 Response to "5 Langkah Menghilangkan Pikiran Negatif "

Posting Komentar

Jangan lupa tambahkan komentar anda pada artikel ini

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel